JENIS LAMBUNG KAPAL
Jenis lambung kapal dapat dibedakan
menjadi 4 jenis lambung kapal yaitu kapal yang lambungnya bergerak di atas
permukaan air (aerostatic support), kapal yang lambungnya sebagian kecil
terendam air (hydrodynamic support), kapal yang bergerak di air (hydrostatic
support), dan kapal multi lambung. Dalam hal ini garis air menjadi pembagi
pengelompokan cara ini. Karena lingkungan kerja yang berbeda maka karakteristik
bentuk lambung ketiga jenis kapal tersebut juga berbeda.Lambung kapal (hull)
adalah badan dari perahu atau kapal. Lambung kapal menyediakan daya apung yang mencegah
kapal dari tenggelam.
Rancang bangun lambung
kapal merupakan hal yang penting dalam membuat kapal karena akan memengaruhi
stabilitas kapal, kecepatan rencana kapal, konsumsi bahan bakar,
draft/kedalaman yang diperlukan dalam kaitannya dengan kolam pelabuhan yang
akan disinggahi serta kedalaman alur pelayaran yang dilalui oleh kapal
tersebut.
berikut adalah
pembagian jenis/bentuk lambung kapal :
1. Jenis
lambung Kapal Aerostatic.
Kapal Aerostatic
mengapung dengan gaya dorong udara di bawah lambungnya. Kapal ini memiliki
sirkulasi udara angkat (kipas udara) yang mengatur tekanan udara di bawah badan
kapal (aerostatic support). Aliran udara ini harus cukup besar untuk bisa
mengangkat badan kapal keluar dari air.Kapal jenis ini mempunyai berat yang
ringan, karena tahanan udara jauh lebih rendah dari tahanan air dan tidak
bersinggungan dengan gelombang air membuat kapal ini mempunyai kecepatan yang
tinggi.
Tipe pertama kapal
jenis ini memiliki “sarung” yang mengelilingi kapal dan membendung tekanan
udara di bawah kapal agar tidak keluar sehingga kapal secara keseluruhan mampu
terangkat dari air. Kapal ini disebut sebagai hovercraft atau air cushion
vehicle-ACV (kapal berbantal udara). Karena kemampuannya mengambang dan bantal
udara yang flexible kapal ini juga dapat bergerak di darat (Amphibi).
Gambar jenis lambung kapal Hovercraft
Gambar jenis lambung kapal Hovercraft
(Gambar jenis lambung kapal Hovercraft)
Tipe lain dari kapal
berbantal udara adalah jenis yang memiliki dinding selubung baja tipis yang
berada di bawah air untuk mengurangi kebutuhan jumlah aliran udara di bawah
badan kapal yang diperlukan untuk mengangkatnya. Tipe ini disebut captured air
bubble vehicle-CAB (kapal gelembung udara). Kapal ini memerlukan kipas udara
tidak sebanyak yang diperlukan hovercraft, lebih kokoh dan stabil, dan dapat
menggunakan mesin pendorong jet air ataupun baling-baling supercavitating.
Tetapi kapal ini tidak tergolong amphibi dan meskipun tidak sepopuler
hovercraft namun sangat baik digunakan sebagai kapal feri untuk penumpang dan
mengangkut mobil juga dipakai sebagai kapal pendaratan helikopter. Daerah
operasi kapal ini cocok untuk laut yang tidak berombak seperti terusan, selat,
dan daerah kutub.
2. Jenis lambung Kapal Hydrodynamic.
Kapal ini bergantung
pada kecepatan yang mengangkat sebagian lambungnya keluar dari air
(hydrodynamic support). Dengan kecilnya badan kapal yang bersentuhan dengan air
maka kecil juga jumlah tahanan air yang ditanggung. Bentuk badan kapal
dirancang mengikuti hukum hydrodynamic, setiap benda yang bergerak yang dapat
menciptakan aliran non-simetris menimbulkan gaya angkat yang tegak lurus dengan
arah gerak. Seperti sayap pesawat terbang yang bergerak di udara akan memberi
gaya angkat.
Salah satu kapal jenis
ini menggunakan hydrofoil yang diletakkan di bawah lambung kapal dan memberikan
gaya angkat ketika kapal bergerak, sehingga lambung kapal keluar dari air.
Jenis lain adalah
kapal dengan lambung berbentuk V (planning hull), khususnya pada bagian depan.
Ketika kapal bergerak body kapal menerima gaya angkat, sehingga bagian depan
kapal keluar dari air sedangkan bagian belakang tetap terendam. Umumnya kapal
model ini berukuran kecil dan punya kecepatan tinggi, beroperasi pada air yang
relatif tenang, meski ada juga kapal planning dengan bentuk V yang tajam dan
beroperasi pada air yang bergelombang.
gambar bentuk lambung
kapal v shaped hull
(bentuk lambung kapal v shaped hull)
3.Jenis lambung Kapal Hydrostatic.
Kapal hydrostatic
adalah kapal dengan displasemen yang besar, sebagian besar lambungnya terendam
air. Tipe ini adalah tipe paling kuno dan paling umum dari segala jenis kapal,
berkecepatan relative rendah karena harus mengatasi tahanan air yang besar.
Kemampuannya mengapung didasarkan pada hukum arsimedes, gaya apung yang didapat
sebanding dengan berat air yang dipindahkanya (hydrostatic support). Umumnya
kapal ini disebut sebagai kapal dengan lambung displacement (displacement =
berat air yang dipindahkannya).
Kapal displacement
bisa berukuran sangat besar, punya daya angkut yang baik seperti kapal cargo,
tangker, penumpang, kapal induk, dan kapal ikan. Karena daya angkut yang besar
kapal ini punya kemampuan pelayaran sangat jauh dibandingkan dengan dua kategori
sebelumnya yang beroperasi pada jarak dekat. Kapal displacement adalah kapal
segala musim, dengan kemampuan daerah pelayaran dari air tenang sampai
berombak.
gambar jenis lambung kapal Hydrostatic
gambar jenis lambung kapal Hydrostatic
(jenis lambung kapal Hydrostatic)
4. Jenis lambung Kapal Multi Lambung.
Kapal multi lambung
disebut dengan nama catamaran (lambung ganda) dan trimaran (lambung tiga). Tipe
ini tidak termasuk pada tiga kategori di atas tetapi memiliki semua gaya
support yang hydrostatic dan hydrodynamic. Kapal ini mempunyai lambung yang
besar, mempunyai kecepatan beragam, dari kapal kecepatan tinggi hingga rendah.
Baik untuk keperluan penelitian biota laut karena lambung gandanya memudahkan
penurunan peralatan ke laut lepas.
gambar bentuk lambung kapal ganda (kapal
catamaran)
gambar bentuk lambung kapal ganda (kapal catamaran)
klasifikasi jenis/bentuk lambung kapal
Uraian diatas merupakan pengelompokan kapal berdasarkan bentuk bagian bawah
kapal yang masuk kedalam air. sedangkan diagram diatas pengelompokan kapal
menurut garis air. sekian postingan saya tentang jenis lambung kapal.
Sumber : http://syahrirqoim.blogspot.com/2012/04/jenis-lambung-kapal.html
semoga bermanfaat ya....!!!!
wasalam calon guru fisika hasan neuk fisika.
semoga bermanfaat ya....!!!!
wasalam calon guru fisika hasan neuk fisika.
0 komentar:
Posting Komentar