Sabtu, 08 Juni 2013

cara kerja Hidrometer

Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis (atau kepadatan relatif) dari cairan, yaitu rasio kepadatan cairan dengan densitas air.
 
Hidrometer A biasanya terbuat dari kaca dan terdiri dari sebuah batang silinder dan bola pembobotan dengan merkuri atau mengarah ditembak untuk membuatnya mengapung tegak. cairan yang akan diuji dituangkan ke dalam wadah yang tinggi, seringkali sebuah silinder lulus, dan hidrometer yang lembut diturunkan ke dalam cairan sampai mengapung bebas. Intinya di mana permukaan menyentuh cairan batang hidrometer yang dicatat. Hidrometer biasanya mengandung skala di dalam batang, sehingga berat jenis dapat dibaca secara langsung. Berbagai skala ada, dan digunakan tergantung pada konteks.

 
Hidrometer dapat dikalibrasi untuk kegunaan yang berbeda, seperti alat pengukur jumlah susu untuk mengukur kepadatan (creaminess) dari susu, saccharometer untuk mengukur kepadatan gula dalam cairan, atau pengukur banyaknya alkohol untuk mengukur kadar alkohol yang lebih tinggi dalam roh.



PRINSIP

         Pengoperasian hidrometer didasarkan pada prinsip Archimedes bahwa tersuspensi pada fluida akan didukung oleh kekuatan sama dengan berat fluida yang dipindahkan. Dengan demikian, semakin rendah kerapatan zat tersebut, lebih jauh hidrometer akan tenggelam. (Lihat juga kepadatan relatif dan hidrometer.)

 

Sejarah

Deskripsi awal hydrometer muncul dalam surat dari Synesius dari Kirene untuk sarjana Hypatia Yunani dari Alexandria. Dalam surat kelima belas Synesius ', ia meminta Hypatia untuk membuat hydrometer baginya. Hypatia diberikan kredit untuk menemukan yang hidrometer (atau hydroscope) kapan di abad ke-4 akhir atau awal abad ke-5.

 

Instrumen yang dimaksud adalah tabung silinder, yang memiliki bentuk seruling dan adalah tentang ukuran yang sama. Ini memiliki takik dalam garis tegak lurus, dengan cara di mana kita dapat menguji berat dari perairan. Sebuah kerucut membentuk tutup di salah satu kaki, erat dipasang ke pipa. Kerucut dan tabung memiliki satu dasar saja. Ini disebut baryllium tersebut. Setiap kali Anda menempatkan tabung dalam air, itu tetap tegak. Anda kemudian bisa menghitung takik pada kemudahan Anda, dan dengan cara ini memastikan berat air.   

        Itu digunakan oleh Abu al-Rayhan Biruni pada abad ke 11 dan dijelaskan oleh Al-Khazini       dalam abad ke-12. ini kemudian muncul lagi dalam karya Jacques Alexandre César Charles di abad ke-18.

HASIL  PENGUKURAN
TINDAKAN
1.280 Atau lebih
Tambahkan air suling agar berat jenis berkurang
1.220 – 1.270
Tidak Perlu Tindakan
1.210 atau kurang
Lakukan pengisian penuh, ukur berat jenis.  Bila masih dibawah 1.210 ganti baterai.
Perbedaan  antar sel kurang dari 0.040
Tidak perlu tindakan
Perbedaan berat jenis antar sel 0.040 atau lebih
Lakukan pengisian penuh, ukur berat jenis. Bila berat jenis antar sel melebihi 0.030, setel berat jenis. Bila tidak bisa dilakukan, ganti baterai

Cara menghitung hasil penggukururan berat jenis air elektrolit dapat dilihat pada tabel diatas sebagai berikut:

  1.            Good/warna hijau = Kondisi air elektrolit sangat baik
  2.      .     Fair /warna putih  = Kondisi caira accu baik
  3.      .     Recharge/warna merah =Kondisi air elektrolit perlu pengisian / stroom


0 komentar:

Posting Komentar