Selasa, 28 Mei 2013


PERCOBAAN PEMBUKTIAN HUKUM ARCHIMEDES
mengapa telur melayang pada saat di celupkan dalam air garam… ????????????
Karena massa jenis air asin lebih tinggi (kan sudah bercampur garam) dibanding air biasa, sehingga gaya apung air garam lebih besar dibanding air murni (rumus gaya apung Fa = ρVg, dgn ρ=massa jenis fluida, V=volum benda yang tercelup dalam fluida dan g=percepatan gravitasi Bumi). Dengan sudut pandang lain, bisa dianggap air garam lebih kental dibanding air murni sehingga lebih sulit untuk “didesak” dibanding air murni.
Kadang-kadang ukuran item bisa menipu tentang berat karena kepadatan. Kepadatan adalah berapa banyak volume tertentu suatu zat berat.Padat, cair, dan gas semua memiliki kerapatan(massa jenis). Sebagai contoh, air memiliki kerapatan jauh lebih tinggi daripada udara karena lebih berat. Meskipun bola golf dan bola pingpong sekitar ukuran yang sama, bola golf lebih berat, dan karena itu memiliki kerapatan yang lebih tinggi. Contoh lain akan diisi dua kontainer yang tepat dengan jumlah yang sama air dan minyak. Wadah dengan air akan berat lebih dari satu dengan minyak, karena air lebih padat daripada minyak.
Apakah item akan tenggelam atau mengapung dalam cairan tergantung pada kerapatan objek dan cairan yang Anda gunakan. Apabila sebuah benda lebih padat daripada cairan, itu akan tenggelam. Apabila sebuah benda kurang padat, maka akan mengapung. Dalam gelas dengan air biasa, Anda melihat telur tenggelam. Hal ini karena telur lebih padat daripada air. Dalam kaca dengan air garam, telur melayang, yang berarti bahwa air garam memiliki kepadatan lebih tinggi dari telur. (Catatan:. Jika telur Anda mengapung dalam air biasa, itu bukan telur segar) Jika air biasa adalah lapis ke air garam, telur akan mengapung di-antara dua lapisan, karena telur lebih ringan atau kurang padat dari air garam tetapi lebih berat daripada air biasa.
Pada bagian terakhir dari kegiatan tersebut, bahwa sejumlah besar garam dapat larut ke dalam gelas sudah penuh air, tanpa membuat tumpah keluar dari kaca. Bila melarutkan garam atau zat lain dalam cairan, molekul garam dapat “cocok” di-antara atau obligasi kepada molekul air. Oleh karena itu, tingkat air tidak harus naik untuk menahan garam. Hal ini meningkatkan berat air, tanpa mengubah volume air, dan karena itu meningkatkan densitas. Jika terus menambahkan garam, akhirnya akan mencapai titik ketika tidak ada lebih banyak garam akan larut, dan akan memiliki solusi jenuh. Setelah itu, jika lebih banyak garam yang ditambahkan, tingkat air harus naik untuk membuat lebih banyak ruang untuk itu.
kita akan mengamati air yang di berikan berbagai macam zat.Percobaannya di lakukan dengan alat dan bahan yang sederhana kok.Yang di perlukan untuk melakukan percobann ini hanyalah air, garam,gula,vetsin atau MSG,merica bubuk,gula jawa, asam kamal dan minyak goreng. Alat penunjang lainnya adalah gelas yang biasa dipakai untuk jamu dan telur yang sudah direbus dan belum di rebus.Nanti setiap zat yang sudah dilarutkan dalam air, di masukkan telur rebus dan telur yang belum di rebus. Ingat, perbandingan air dan zat yang mau kita larutkan harus sama, biar nanti tidak ada berat sebelah dalam mengamati. Ngerti ajakan maksud Yunita? Kalau sudah di larutkan, Kita amati deh, apa yang terjadi dengan telur rebus dan telur yang belum di rebus itu. Apakah hasilnya sama? Maksudnya sama-sama tenggelam atau sama-sama mengapung atau mungkin malah sama –sama melayang?  Tapi silahkan lihat gambar-gambar di bawah ini.
1. Air saja ke adaan telur yang belum di rebus….

2. Air di campur garam, keadaan ke dua telur…


3. Air di campur dengan gula, keadaan ke dua telur...


4. Air dicampur dengan MSG, keadaan ke dua telur....


5. Air dicampur dengan merica bubuk, keadaan ke dua telur.


6. Air di campur dengan gula jawa, keadaan ke dua telur..



7. Air di campur dengan asam kamal, keadaanke dua telur….




8. Air bercampur dengan minyak goreng, ke adaan kedua telur….


Kesimpulanya :  adanya hukum Archimedes tentang daya apung juga massa jenis makanya telur yang tidak dimasak sama yang sudah dimasak bisa Nampak tenggelam dan mengapung.



Jenis air
telur mentah
telur rebus
Air biasa
melayang
tenggelam
Air + garam
melayang
tenggelam
Air + gula
tenggelam
tenggelam
Air + vetsin
tenggelam
tenggelam
Air + merica
tenggelam
tenggelam
Air + gula merah
tenggelam
tenggelam
Air +  minyak goring
tenggelam
tenggelam

Nah, begitulah percobaan mengenai fluida materi archimedes, teman-teman juga bisa mencobanya kok. Di jamin seru kok, tapi ingat, jangan ngambil tanpa izin ya garam dapur dan bumbu lain dari mamahnya, harus minta izi dulu. Hehehe…. entar mamahnya gak bisa masak lho…
Sumber:
PENERAPAN HUKUM ARCHIMEDES  )   Agiet27's Blog.
cap-cip-cup's blog  Hukum Archimedes....




0 komentar:

Posting Komentar