Sabtu, 25 Mei 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
              5.     Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
              5.5.   Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya                                        dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator

1.      Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang, dan tenggelam.
4.      Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari).

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian tekanan.
2.      Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan.
3.      Menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
5.      Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
6.      Menentukan tekanan zat cair.
7.      Mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan.
9.      Mengamati tinggi permukaan zat cair dalam pipa U.
10.  Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
11.  Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
12.  Menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
13.  Menyebutkan bunyi hukum Archimedes.
14.  Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
15. Menyebutkan jenis-jenis barometer.

B. Materi Pembelajaran
         Tekanan

C. Metode Pembelajaran1
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                 -  Cooperative Learning
             2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa ketika mendaki gunung telinga kita akan terasa sakit?
     -   Bagaimana cara memperbesar tekanan suatu benda?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan tekanan?
      -   Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya tekanan? 
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tekanan.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan tentang pengertian tekanan.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan dan menentukan rumusannya.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dari suatu benda yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan dari suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa pada kaleng ringsek yang diisi air dan dilubangi, air akan    keluar dari setiap lubang?
                     -   Bagaimana cara menentukan tekanan dalam zat cair?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah sifat-sifat tekanan dalam zat cair?
      -   Faktor apakah yang mempengaruhi tekanan dalam zat cair? 
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tekanan dalam zat cair.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alat hartl, wadah yang cukup besar dan dalam serta air secukupnya.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati sifat tekanan dalam zat cair (Kegiatan 3.3 h.64).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan tekanan dalam zat cair.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dalam zat cair yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan dalam zat cair untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

           a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa pancuran teko tidak boleh lebih rendah daripada posisi
            tutupnya?
                     -   Apakah yang terjadi jika pipa U diisi dengan dua zat cair yang tidak                        bercampur?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah manfaat sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar? 
      -   Bagaimana hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam
           pipa U?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan posisi permukaan zat cair.
·         Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan sebuah bejana berhubungan, air, minyak goreng, dan spiritus secukupnya.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
(Kegiatan 3.4 h.66).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen  mengamati tinggi permukaan zat cair dalam pipa U.
·         Peserta didik melakukan eksperimen secara berkelompok dengan menggunakan sebuah pipa U, air, dan minyak secukupnya (Kegiatan 3.5 h.67).
·         Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan dalam pipa U yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan dalam pipa U untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

    a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa ketika berada di dalam air kita merasakan sakit pada mata?
                     -   Bagaimana kalau kamu berjalan di dalam air kolam terasa lebih ringan                      atau justru lebih berat?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Sebutkan bunyi hukum Pascal.
      -   Sebutkan bunyi hukum Archimedes.
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Pascal.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Pascal.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Archimedes.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah logam sejenis berbentuk kubus yang volumenya sama, sebuah neraca pegas, sebuah gelas berpancuran, sebuah gelas ukur, dan air secukupnya.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki besar gaya angkat (Kegiatan 3.8 h.72)
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KELIMA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa sewaktu berenang kamu dapat mengambang, melayang, atau          tenggelam?
                     -   Mengapa di wilayah dataran tinggi kadar oksigennya menipis?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Bagaimana konsep suatu benda dikatakan tenggelam, melayang, dan              terapung?
      -   Bagaimana hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan         tekanan udara?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai konsep tenggelam, melayang, dan terapung dari suatu benda dalam zat cair.
·         Peserta didik memperhatikan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang, dan terapung yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tekanan udara.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah gelas yang penuh berisi air, selembar kartu remi, dan sebatang sedotan.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mendemonstrasikan adanya tekanan udara (Kegiatan 3.10 h.76)
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur tekanan udara.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis barometer.
·         Peserta didik memperhatikan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan ketinggian suatu tempat yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan ketinggian suatu tempat untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tekanan gas dalam ruang tertutup dan cara mengukurnya.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.2  halaman 59-88
  b. Buku referensi yang relevan
        c. Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Uji petik kerja prosedur
    -   Tes PG
   -   Tes isian
   -   Tes uraian




             c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Permukaan air bendungan harus lebih tinggi dari permukaan sawah yang akan dialiri. Prinsip yang digunakan adalah ....
a. hukum Pascal                              c. efek bejana berhubungan
b. hukum Archimedes                     d. efek kapilaritas
                -  Contoh tes isian
                             Pada kedalaman yang sama, tekanan di dalam air sungai lebih kecil daripada                      tekanan di dalam air laut karena ....
                    -  Contoh tes uraian        
                             Mengapa sebuah kapal selam dapat mengapung, melayang, dan tenggelam?                                                
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

0 komentar:

Posting Komentar