RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMP
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA
Standar Kompetensi
5.
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,
dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.
Mengaplikasikan
prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Mendeskripsikan
hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menunjukkan beberapa
produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda
terapung, melayang, dan tenggelam.
4.
Mengaplikasikan
konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan
(dalam penyelesaian masalah sehari- hari).
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian tekanan.
2. Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi tekanan.
3. Menjelaskan aplikasi konsep tekanan
dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
5. Menyebutkan sifat-sifat tekanan
dalam zat cair.
6. Menentukan tekanan zat cair.
7. Mengamati posisi permukaan zat cair
dalam bejana berhubungan.
9. Mengamati tinggi permukaan zat cair
dalam pipa U.
10. Menjelaskan hubungan antara massa
jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
11. Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
12. Menyebutkan peralatan yang
menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
13. Menyebutkan bunyi hukum Archimedes.
14. Menyebutkan pemanfaatan gaya
Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
15. Menyebutkan jenis-jenis barometer.
B.
Materi Pembelajaran
Tekanan
C.
Metode Pembelajaran1
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode
: - Diskusi kelompok
-
Observasi
-
Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa ketika mendaki gunung
telinga kita akan terasa sakit?
- Bagaimana cara memperbesar
tekanan suatu benda?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
tekanan?
- Faktor apakah yang
mempengaruhi besarnya tekanan?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Peserta didik (dibimbing oleh
guru) mendiskusikan pengertian tekanan.
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk menjelaskan tentang
pengertian tekanan.
·
Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi
tekanan dan menentukan rumusannya.
·
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan tekanan dari suatu benda yang
disampaikan oleh guru.
·
Guru
memberikan beberapa soal menentukan tekanan dari suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
·
Peserta didik dalam setiap
kelompok mendiskusikan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN
KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa pada kaleng ringsek
yang diisi air dan dilubangi, air akan keluar dari setiap lubang?
-
Bagaimana cara menentukan tekanan dalam zat cair?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah sifat-sifat tekanan
dalam zat cair?
- Faktor apakah yang
mempengaruhi tekanan dalam zat cair?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tekanan dalam zat cair.
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk mengambil alat hartl, wadah yang cukup besar dan dalam
serta air secukupnya.
·
Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk melakukan eksperimen mengamati sifat tekanan dalam zat cair
(Kegiatan 3.3 h.64).
·
Peserta didik dalam setiap
kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan
oleh guru.
·
Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta didik diminta untuk
membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan tekanan
dalam zat cair.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dalam
zat cair yang disampaikan oleh guru.
·
Guru
memberikan beberapa soal menentukan tekanan dalam zat cair untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa pancuran teko tidak
boleh lebih rendah daripada posisi
tutupnya?
-
Apakah yang terjadi jika pipa U diisi dengan dua zat cair yang tidak bercampur?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah manfaat sifat permukaan
zat cair yang selalu mendatar?
- Bagaimana hubungan antara
massa jenis dan tinggi zat cair dalam
pipa U?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan posisi permukaan zat cair.
·
Peserta didik melakukan eksperimen
dengan menggunakan sebuah bejana berhubungan, air, minyak goreng, dan spiritus
secukupnya.
·
Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk melakukan eksperimen mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana
berhubungan
(Kegiatan 3.4 h.66).
·
Peserta didik dalam setiap
kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan
oleh guru.
·
Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta didik diminta untuk
membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu
mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru memberikan instruksi kepada
peserta didik untuk melakukan eksperimen
mengamati tinggi permukaan zat cair dalam pipa U.
·
Peserta didik melakukan eksperimen
secara berkelompok dengan menggunakan sebuah pipa U, air, dan minyak secukupnya
(Kegiatan 3.5 h.67).
·
Guru memeriksa kegiatan eksperimen
yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum.
Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan hubungan
antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa jenis
zat cair yang dimasukkan dalam pipa U yang disampaikan oleh guru.
·
Guru
memberikan beberapa soal menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan dalam
pipa U untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEEMPAT
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa ketika berada di dalam
air kita merasakan sakit pada mata?
-
Bagaimana kalau kamu berjalan di dalam air kolam terasa lebih ringan atau justru lebih berat?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Sebutkan bunyi hukum Pascal.
-
Sebutkan bunyi hukum Archimedes.
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Pascal.
·
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Pascal.
·
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
·
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip
mesin penghasil gaya hidrolik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Archimedes.
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk mengambil dua buah logam sejenis berbentuk kubus yang volumenya
sama, sebuah neraca pegas, sebuah gelas berpancuran, sebuah gelas ukur, dan air
secukupnya.
·
Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki besar gaya angkat (Kegiatan 3.8 h.72)
·
Peserta didik dalam setiap
kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan
oleh guru.
·
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta didik diminta untuk
membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KELIMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa sewaktu berenang kamu
dapat mengambang, melayang, atau tenggelam?
-
Mengapa di wilayah dataran tinggi kadar oksigennya menipis?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Bagaimana konsep suatu benda
dikatakan tenggelam, melayang, dan terapung?
- Bagaimana hubungan antara
ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai konsep tenggelam, melayang, dan
terapung dari suatu benda dalam zat cair.
·
Peserta
didik memperhatikan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang,
dan terapung yang disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tekanan udara.
·
Perwakilan dari tiap kelompok
diminta untuk mengambil sebuah gelas yang penuh berisi air, selembar kartu
remi, dan sebatang sedotan.
·
Guru mempresentasikan langkah
kerja untuk melakukan eksperimen mendemonstrasikan adanya tekanan udara (Kegiatan
3.10 h.76)
·
Peserta didik dalam setiap
kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan
oleh guru.
·
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur tekanan udara.
·
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis barometer.
·
Peserta
didik memperhatikan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan
tekanan udara yang disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan ketinggian
suatu tempat yang disampaikan oleh guru.
·
Guru
memberikan beberapa soal menentukan ketinggian suatu tempat untuk dikerjakan
oleh peserta didik.
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tekanan gas dalam ruang tertutup
dan cara mengukurnya.
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a.
Buku IPA Fisika Jl.2 halaman 59-88
b.
Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan
praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Uji
petik kerja prosedur
-
Tes PG
- Tes isian
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Permukaan air bendungan harus lebih tinggi dari
permukaan sawah yang akan dialiri. Prinsip yang digunakan adalah ....
a. hukum Pascal c.
efek bejana berhubungan
b. hukum Archimedes d. efek kapilaritas
- Contoh tes isian
Pada kedalaman yang sama, tekanan di dalam
air sungai lebih kecil daripada tekanan di dalam air laut karena ....
-
Contoh tes uraian
Mengapa sebuah kapal selam dapat
mengapung, melayang, dan tenggelam?
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar